Contoh cerita Remaja : KENANGAN


 

KENANGAN

Untuk Kakakku Dari Adik Kelasmu

Oleh : johan al jafar

 

Cerita dimulai dengan sorotan infokus yang menayangkan wawancara terhadap siswa-siswi SMA mengenai kesan pesan sealama sekolah di SMA tersebut, yang di wawancara, semua yang berkaitan dengan SMA siswa dari kelas X sampai XII, guru-guru, penjaga sekolah, pedagang/kantin. Dengan format seperti catatan akhir sekolah, memperlihatkan kegiatan sekolah keseluruhan.

Contoh : komentar dari SMS

T : Coba ceritakan tentang sma1 ?

J : yahh… kalo tiap pagi ada kegiatan rohani, ngaji dulu gitu. Terus kalo kesiangan sekarangmah di pulangin, mani niat, lagi ada plang MAAF ANDA TERLAMBATgitu. Terus banyak kegiatan organisasi, anak-anak organisasi suka betah disekolah. Trus ada naskah buat anak-anak bangor namanya Soteng (tempat jualan soteng) deket warung. Terus guru paling terkenal itu namanya pak joe baik sebenarnya tapi tegas. Jadi kalo yang gak kuat mental pasti sekali, dimarahi lalu benci edan-edanan. Kalo lagi tegas jadi nyeremin heheheh. Tp kalo udah kenal asli baik tiada dua hehehe. Apalagi ya….. meskipun sebutan anak-anak bangornya gak pernah ilang dari anak-anak ips wkwkwkkwk. Tapi da dikit yang bangor juga. Anak-anak ips dikenal tempatnya anak-anak bangor tapi sekarang yang masuk ips itu adalah anak-anak yang terbilang pada pinter gitu deh hehehehhe

T : oh heheh wah bagus juga. Emh coba certain tentang pendamping?

J : pendamping itu sebutan anak-anak yang agamis harus anak IREMA, hasil LDKS yang nantinya bakal mendampingi anak kelas X selama satu tahun, aktifitasnya itu seminggu sekali ada kayak shering-shering gitu. Kayak ceramah dulu ama pendamping. Pendamping itu katanya gak boleh pacaran sampe lulus sma. Tapi dilanggar sama angkatan kemarin  jadinya katanya di rubah, boleh pacaran tapi setelah bukan jadi pendamping ceunaahh. Intinya pendamping itu jadi sorotan. Baik itu yang seangkatan ataupun enggak. Pendamping itu udah pasti jadi OSIS. Mereka udah punya hak veto buat masuk OSIS.

T : oh gitu ya, trus gmana tentang osis nya? Terus pacaran menurut anak-anak sma1 itu seperti apa?

J : osisnya… ya gitu deh…. Jadi osisnya di kuasai sama anak-anak yang kurang terbuka. Jadinya jadi organisasi kaku. Soalnya tahun sekarang kata aku mah fanatic banget agama. Hahhaha dan keliatannya ge agak sombong gitu so. Tapi bagus sih kalo kerjanya. Soalnya aku juga beberapa event di tarik  sama osis. Even gede-gede.

Pacaran mah biasa aja tapi ya itu pacaran itu tabu dimata pendamping. Pendamping itu sensitive. Malahan ada pendamping yang di sebut “begog” gara-gara mereka kayak gitu ckckckck

T : wah kalo gitu pendaming di pandang anak-anak kolot/jadul ya? Trus guru-guru gimana menanggapi tentang pacaran?

J : ya gitu….. ya bisa dibilang. Tapi gak semua gitu lho. Ada ya pendamping yang diem-diem ternyata punya pacar pendamping yang terbuka seolah-olah bukan pendamping gitu… guru-guru juga nanggepinnya biasa aja tuh. Tapi guru-guru sma1 tuh agak kritis kalo soal perkerudungan, lebih daripada guru-guru laki-lakinya.

Setelah tayangan diputar kemudian music gabungan modern+tradisional kolaborasi membuat opening yang diiringi tarian, menggambarkan kebahagiaan bisa masuk SMAN1. Kemudian setelah itu masuk beberapa murid dan di kasih pengarahan oleh salah seorang guru, karena mereka telat .

Pak joe                        : kalian, apa kalian akan tiap hari telat seperti ini, mau jadi apa negara kita kalau penerusnya tidak di siplin!

Murid1             : iya pak

Pak joe                        : ia pak-ia pak, kalian tahu hukuman untuk anak-anak yang suka telat seperti kalian?

Murid2             : siap, tahu pak… yang telat itu mendapat 2 hukuman yang pertama dimarahin sama bapak, hukuman yang kedua di suruh solat tobat…

Pak joe                        : dan hukuman yang ketiga untuk anak ngeyel seperti kamu ini harus di jewer (kemudian pak joe menjewer, murid 1+3 tertawa) kenapa kalian tertawa?

Murid3             : eng ga pak…

Pak joe                        : ya sudah kalian sekarang pergi ke musola dan solat tobat, dan saya harap besok kalian tidak telat lagi, kalo telat lagi kalian akan saya pulangkan…

Murid               : siap pak.. (kemudian pak joe meninggalkan panggung)

Murid2             : nah sekarang kita ke musola kita laksanaken tugas dari pak joe… kalian semua siap?

Murid3             : siap… kita tunjukan bahwa kita itu anak-anak metal yang tahu agama, suka nepatin janji dan yang terpenting sayang orang tua…

Murid1             : alah lapar, solat juga gak bakalan khusu kalo lapar, lebih baik kita ke warung makan

Murid3             : oke siap kita ke warung biar solat tobatnya khusu…

Murid2             : euhh dasar plin-plan…

Murid3             : gak apa-apa plin-plan juga sayang orang tua. (sambil meninggalkan panggung)

Murid2             : yaaah alamat di jewer pak joe lagi deh (sambil meninggalkan panggung).

Kemudian panggung berganti suasana seperti warung disana telah ada beberapa anak dari golongan geng dugem terlihat sedang bercanda ria.

Dugem1           : nambah lagi..

warung            : iya tunggu..

Dugem2           : wah anak dugem makan nya wedan….

Degem1           : kita itu harus banyak makan biar sehat, biar berpikir nya tajam setajam silet.. dan yang utama biar kita kuat dugem…

Dugem3           : alah dalih aja kamu, rakus ya rakus aja….(kemudian datang orang metal)

Murid1             : nasi tiga…

warung            : iya tunggu? (memberikan nasi ke anak dugem)

Murid2             : wah ada anak kampong nih… gak masuk kalian?

Dugem2           : wah anak jalanan kalian juga gak masuk?

Murid3             : wah cari ribut nih anak kampong, seeeanaknya bilanga anak jalanan, kalian samakan kita dengan gelandang?

Dugem3           : hey bos… siapa yang duluan?

Murid3             : wah ini nyari masalah… dasar anak sampah… tuh bajunya juga bau pasar, patesan kalian kan dugemnya di pasar

Dugem1           : jangan merendahkan gitu bos.. mau di bikin pisang keju kalian..

Murid 1            : sudah ini mah ngajak ribut… serang….(terus metal+dugem ribut pake lagu, kemudian emmih memisahkan mereka masuk ke tengah sambil jogged. Sontak metal+dugem diam tidak lama mereka meninggalkan emmih yang sedang enak jogged, pas tersadar emmih malu sendiri dan keluar panggung)

Setelah masuk beberapa bulan nurul hidayah seorang yang kelihatannya agamis bertemu dengan zaki seorang santri asal ciamis yang merupakan kakak kelasnya, nurul hidayah kelas X sementara Zaki kelas XII mereka mempunyai hubungan khusus, sampai pada suatu ketika nurul hidayah mengiukuti LDKS dan dia di pilih oleh osis untuk menjadi pendamping, sebagaimana di ketahui seorang pendamping tidak boleh pacaran, karena seorang pendamping di persiapkan khusus untuk menjadi contoh buat adik kelasnya nanti. Kemudian keputusan besarpun dilakukan oleh nurul hidayah yakni memutuskan hubungan khususnya dengan zaki.

Nurul hidayah  : kak zaki aku di kasih amanat oleh osis untuk menjadi seorang pendamping, dan sebagaimana kakak ketahui, seorang pendamping tidak boleh berpacaran selama sekolah..

Zaki                 : kamu menerima amanat konyol seperti itu? Denger ya cinta itu adalah hak seorang manusia, orang tidak bisa seenaknya saja membuat peraturan seperti itu.

Nurul hidayah  : ia kak aku menerima amanat itu, dan akan aku lakukan amanat itu kak. Jika cinta itu hak bagi seorang manusia, peraturan itu juga hak bagi sekolah kita dan juga hak bagi yang menerima amanat itu. Aku harap kakak menerima keputusan aku.

Zaki                 : apa kamu sudah tidak mencintaiku?

Nurul hidayah  : aku masih tetap mencintai kakak… tapi..

Zaki                 : lalu apa masalahnya? Kita saling mencintai bukan? Asal jangan ada guru yang tahu aman bukan?

Nurul hidayah  : meskipun teman-teman tidak tahu ataupun guru tidak tahu, tp amanat ini bukan berhubungan dengan mereka, tp langsung dengan tuhan kita. Maaf kak?

Zaki                 : cinta adalah rahmat yang tuhan berikan kepada setiap manusia, apa rahmat yang tuhan berikan ini akan di jadikan seperti ini? Bukanlah keindahan yang ada tetapi kesakitan, bukanlah kasih sayang tetapi penghianatan. Bukan seperti itu kan yang namanya rahmat?

Nurul hidayah  : ia rahmat bukalah seperti itu, kakak harus ketahui cinta di antara kita bukanlah rahmat tapi mungkin adalah adzab….

Zaki                 : bisa kamu terangkan kenapa cinta di sebut adzab?

Nurul hidayah  : karena cinta yang alloh ridhoi adalah dengan ikatan pernikahan, apakah salah seandainya aku menyebut cinta antara kita adzab, karena untuk seusia kita saling mencintai bukan untuk menikah, Tp untuk pacaran. seandainya kakak ingin mencintaiku carilah cinta yang alloh ridhoi. Aku tunggu kedatangan kakak untuk menikahiku bukan untuk menjadikanku pacar. Aslmkm kak.

Zaki                 : walaikum salam “semoga alloh yang menyatukan kita, kamu pikir aku main-main tentang cinta, tunggulah aku nurul hidayah” (kemudian zaki di ejek oleh anak metal)

Murid2             : korban baru….

Zaki                 : korban… maksud kamu korban?

Murid1             : ia kamu adalah korban peraturan sekolah… pendamping tidak boleh pacaran….hahahhaha patah hati karena cinta biasa..

Murid3             : tapi patah hati karena terpaksa ini luaaaar biasa…

Zaki                 : terpaksa?

Murid2             : terpaksa di pisahkan peraturan sekolah hahahhahahhahahahh (kemudian anak-anak metal keluar panggung)

Zaki                 : ahhhh (teriak) korban-korban  aku tidak mau jadi korban. Akan aku tunjukan aku bukanlah korban tetapi aku adalah contoh.  Yah aku adalh contoh, contoh untuk mereka. (keluar panggung)

Kemudian mereka berpisah, tidak lama kemudian banyak pendamping yang melanggar amanah, tetapi tidak banyak di ketahui, namun nurul tetap dengan keyakinannya. Rumor di sekolah sudah heboh bahwa peraturan pendaming telah dilanggar.

Ketika zaki berjalan kemudian dia berpapasan dengan nurul. Mereka saling bertatapan mata agak cukup lama setealah itu nurul agak berlari meninggalkan zaki, (lagu vegetoz) kemudian datang anak dugem meledekin jaki.

Dugem1           : galau-galau…. Suadahlah zak masih banyak cewek lain, yang tidak dilarang jika pacaran…

Dugem3           : ia jak biar kau tidak galau….

Dugem2           : tapi zak aku kagum sama nurul, dia mungkin satu-satunya pendamping yang komitmen dengan peraturan itu, soalnya pendamping yang lain sudah banyak yang melanggar peraturan tersebut.

Dugem3           : ia juga yah malahan si rahmat dia pacaran sama pitri, si agung sama sopa, si fajar sama risma. Dan banyak lagi yang lainnya..

Zaki                 : itulah nurul, dia memang taat pada aturan yang di berlakukan.

Dugem1           : terus sekarang kamu mau apa? Meninggalkan atau menunggunya?

Zaki                 : entahlah tergantung nanti aja… sudah bell the masuk yuk?

beberapa tahun berlalu, sekarang giliran nurul yang akan meninggalkan sma1, acaranya sangat meriah. Mulai dari upacara adat sampai acara musopahah, kemudian setelah acara beres tampa di duga zaki datang menghampiri dan dia mengungkapkan semua perasaanya.

Zaki                 : nurul… nurul hidayah… tunggu?

Nurul hidayah  : kak zaki! Kak jaki datang? Ya alloh kak bagaimana kabar kakak?

Zaki                 : alhmdllh baik, bahkan hari ini lbih baik. . kakak sengaja datang untuk membuktikan kalau kakak tidak main-main, sekarang nurul sudah lulus dan sudah tidak terikat peraturan pendampingkan? Kakak ingin meneruskan cerita yang dulu…

Nurul               : apakah kakak masih mencintaiku? Setelah sekian lama?

Zaki                 : sekali lagi kakak tidak main-main dengan cinta, kakak ingin membuktikan bahwa cinta kakak bukanlah adzab tetapi rahmat… makanya kakak menemuimu.

Nurul               : tapi kak….

Zaki                 : tapi apa? Apa de nurul telah memiliki seseorang kembali? Hemmm (sambil senyum tpi menggambarkan kekecewaan) ya sudah tidak apa, mungkin de nurul bukanlah jodoh… terima kasih de. Eh tapi siapa orang beruntung yang bisa menempati hati de nurul…?

Nurul               : bukan itu kak…

Zaki                 : gak apa-apa de a ins alloh ikhlas..

Nurul               : ya sudahlah dia adalah seorang pria yang berkomitmen.. dia baik insa alloh soleh, sejak dulu aku telah memilih dia sebagai calon suamiku…

Zaki                 : (agak lemas) siapa dia de?

Nurul               : dia adlah kakak kelasku namanya Muhammad zaki..

Zaki                 : ya alloh kamu ini yah… kakak bener2 takut tahu.. hampir aja copot ini jantung.

Nurul               : habisnya kakak sih nyerocos mulu. (suasana hening kembali)

Zaki                 : emmh jd sekarang kita pacaran…?

Nurul               : tetep tidak…

Zaki                 : hah trus?

Nurul               : kakak datang kerumahku dan lamarlah aku…

Zaki                 : gak,,, gak bakalan

Nurul               : hah

Zaki                 : gak bakalan nolak maksudnya. Hahahha

Nurul               : iiih kakak (mukul2 zaki)

Kemudian jaki seperti mau meluk nurul tapi nurul seperti menahan dan menjulurkan tangannya mungajak salaman setelah salaman nurul sun tangan zaki seperti menghormatinya.. setelah nurul mengangkat kepalanya giliran zaki yang merunduk seperti mau memakaikan cincin….

TAMAT

 

Comments

Popular posts from this blog

Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Contoh cerita fantasi: Gilang si anak ajaib

Contoh Cerita Fantasi: Sebuah Kotak Kecil