Contoh Naskah drama singkat : BUKAN MALIN KUNDANG

 BUKAN MALIN KUNDANG


Cerita legenda Malin kundang yang penuh dengan muatan moral dan spiritual  memang menjadi cerita yang di kagumi sekaligus di takuti oleh setiap anak tak terkecuali 3 sahabat yang sangat arogan dan penuh dengan kejailan dalam kehidupannya, mereka adalah deni arpan dan lina, yang paling jail adalah deni. . 


Pagi hari sebelum berangkat sekolah,

Ibu : nak bangun udah pagi 

Deni : ahhk ibu ganggu aja sana buatin deni sarapan?

Ibu : nak sarapan sudah siap cepet bangun?

Deni : ahk cerewet. .. 

Tak lama kemudian datang arpan

Arpan : den ayo brangkat, ,

Ibu : nak arpan dah datang?

Deni : hah. ..ibu makanya kalo bangunin tuh dari tadi. . jadinya kesiangan mana gih  seragam

Ibu : itu di lemari.

Deni : ambilin donk tahu kesiangan, cepat ibuuu, kayak dah tua aja.

Ibu : iya iya ini, , sarapan dulu nak?

Deni : ahk sarapan dah telat nih bu? Ibu sih yang salah makanya kalo bangunin tuh pagian jadikan si arpan gak nungguin gini

Ibu : iya iya makanya kamu jangan terlalu capek biar bisa cepat bangunnya?

Deni : ahk ibunya yang gak mau bangunin deni, ya udah aku berangkat bu!

Arpan : pergi dulu bu?

Ibu : hati hati nak! Jangan pulang telat.

Kemudian mereka berangkat, lina telah menunggu di dekat sekolah dengan gaya tomboynya iya menyapa deni dan arpan.

Lina : woy kuya lu lama amet gua nungguin ampe jamuran gini!

Deni : emang lo panuan.

Lina : ahk daras lo.

Arpan : ini si deni lin biang keroknya gua nungguin hampir sejam di rumahnya!

Deni : ahk lo, sejam Cuma 15 menit doank, gara gara ibu gua tuh yang telat bangunin gua terus seragam gua bulum di siapin lagi, dasar ibu durhaka.

Arpan : jangan gitu lo, itu kan ibumu.

Lina : hahaha mana ada ibu durhaka yang ada juga anak durhaka seperti kamu ini den hahaha.

Deni : ahk perasaan dari dulu anak durhaka mulu sekali kali kek ibu yang durhaka pada anak nya, aneh

Arpan : elu yang aneh mana ada ibu durhaka pada anaknya, dasar lo anak durhaka.

Deni : tuh kan anak mulu yang durhaka!

Lina : iya juga ya kenapa juga kita harus turut pada mereka ya, kan mereka yang membuat kita ya so pasti harus bertanggung jawab atas segalanya, benar gak?

Deni : bener tuh kata si lina. Kan mereka yang membuat kita,

Arpan : ahk kayaknya keluarga ku gak githu deh, buktinya tahu gak anak anak dari orang tua gua 11 bo. . kayaknya mereka membuat kita tuh keenakan deh bukan di harapkan,

Deni : wees dahsyat buat kesebelasan aja pan, , mungkin kamu tuh yang gak di  harapkan, kita enggak termasuk deh, yak lin?

Arpan : ahk sialan lo den?

Lina : eh eh kita bolos yuk? 

Arpan : bolos. . . gimana den?

Deni : ayo siapa takut ! 

Semua : lets go..




Narrator  merekapun berangkat menjauh dari sekolah sesuai dengan ajakan lina mereka bolos, di sepanjang jalan mereka ngejailin orang orang termasuk nenek2 dan kakek kakaek pun jadi korban mereka,


Lina : sialan tuh nenek nenek,

Deni : tendang aja lin?

Lina : oke, satu dua tiga,

Nenek : dasar kalian anak durhaka. . .

Deni : nenek tuh yang durhaka, ganggu aja kesenangan kita, nenek sialan.

Nenek : kau memang anak durhaka ku kutuk kau jadi patung. . 

Deni : wew gak kena gak kena,  lari! (mereka lari menjauh)


Setelah cukup jauh mereka kembali bertemu degan sepasang nenek dan kakek yang sedang jalan jalan,


Deni : gua masih kesal ma tuh nenek nenek, eh sekarang ada lagi pake pacaran   lagi, jailin yuk?

Lina : oke..! pan ambil tali kita ikat mereka!

Arpan : oke lin! Ayo 

Kakek : mau apa kalian!

Deni : tenang ke biar aman pacarannya, kami ikat oke!

Kakek : dasar kalin anak durhaka.

Deni : kalian tuh yang durhaka pacaran udah tua, 

Nenek : kau memang anak durhaka kukutuk kau jadi batu!

Deni : yah gua di kutuk lagi! Ayo mana tuh kutukan biar ku makan sekalian.

Arpan : lu den jangan gitu kewalat lu

Deni : ahk lu masih percaya aja. Ayo cabut!



Kemudian mereka pulang kerumah deni, lina kaget ketika melihat ke depan rumah deni ada patung perempuan yang sedang berdoa iya mengira ibunya deni berubah jadi patung.


Lina : (menjerit) Den den deni sini den ibu mu den ibu mu. .

Deni : apa lin ada apa?

Lina : ibumu den?

Deni : ibu..! ini ibu ku? Ibu? Jangan bercanda nih, pan liat ke dalam ibu gua ada   gak?

Arpan : gak ada den.

Deni : hah .. ibu? Ibu ku jadi patung, ibu ini benar ibu ku? Ahk sial ini gara gara kalian ibu gua jadi patung, gara gara kalian ini gara gara kalian jailin   nenek2.


Arpan dan lina langsung menelpon orang tua nya:

Arpan : halo ibu?

Ibu a : iya pan

Lina : bu? 

Ibu lina : ada apa lin

Arpan : ibu gua ada lin?

Lina : ibu ku juga pan.

Deni : sial kenapa Cuma ibuku? Ini gara gara kalian coba kalian gak jailin   nenek2 mungkin ibuku gak gini? Sial sial sialan kalian? 

Lina : tapi den?

Deni : diam kalian! Ibu… ibu… jangan tinggalkan Aku. Aku janji bu… tak akan melawan ibu lagi.tak akan munyusahkan,tak akan menyakiti hati ibu lagi Aku tobaaat buuuu! Aku sadar!. . Tolong… tolooong. kembalikan ibu ku! Aaaaaahk…. Ibu maafkanlah aku maafkanaku ibuuuuuuuuuu! Mengapamengapa ibu menjadi seperti inidosa apakah yang telah aku perbuat?. Apakah aku harus bertanya dan meminta bantuan langsung kepada Tuhan!baik..baiklahkalau memang itu yang kau mintaYa Allooh… pada saat ini kumohon, kembalikanlah wujud ibuku seperti semula Ya Alloh aku tak mampu mengarungi hidup, tanpa mu ibu.. aku tak mampu….


Kemudian ibunya datang dan kaget melihat suasana di depan rumahnya sangat ramai

Ibu : den, deni ada apa ini?

Deni : (melotot kaget) ibu?

Ibu : iya ada apa?

Deni : (langsug sujud di kaki ibunya) maafin deni bu? Deni salah deni anak durhaka bu, deni anak durhaka, maafin bu sekarang deni janji deni akan jadi anak soleh bu, demi ibu dan kasih sayang mu deni janji akan jadi anak yang berbakti.

Ibu : iya sudah bangun nak ibu sayang kamu nak . . 


merekapun beranjak dan ternyata patung yang ada di depan rumah itu adalah patung ibunya yang di buat oleh ayahnya sebelum meninggal dan patung tersebut baru pulang setelah mengikuti pameran keliling dunia demikianlah drama musical bukan malin kundang sekian dan terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Contoh cerita fantasi: Gilang si anak ajaib

Contoh Cerita Fantasi: Sebuah Kotak Kecil